RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang remaja , menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang remaja
III. Indikator
1. Mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
2. Mengidentifikasikan bunyi ungkapan yang dipedengarkan
3. Mengidentifikasikan kalimat yang dipedengarkan
4. Memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
5. Memilih ungkapan sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
6. Memilih jawaban yang disediakan sesuaidengan pertanyaan yang dipedengarkan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
2. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa mampu mengidentifikasikan bunyi ungkapan yang dipedengarkan
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu mengidentifikasikan kalimat yang dipedengarkan
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
5. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih ungkapan sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
6. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih jawaban yang disediakan sesuai dengan pertanyaan yang dipedengarkan
V. Materi Ajar
Materi menyimak tentang المَرْاهَقَة
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah,
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegiatan Awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B.. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru membaca materi menyimak perkata, dan kalimat kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan Ø Guru menterjemahkan materi menyimak perkata dan kalimat kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan an memperhatikan Ø Guru mendikte materi menyimak kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan dan menulis Ø Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan latihan menyimak 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa menyimak bacaan guru Ø Siswa mendengar dan memperhatikan makna bahasa arab perkata dan kalimat yang disampaikan guru dan menghafalkannya Ø Siswa mendengarkan dan menulis bahan yang dibacakan oleh guru Ø Siswa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan istima’ dan memberikan tugas-tugas latihan di rumah | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
3. Penilaian Psikomotorik
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja dengan lafal yang tepat tentang remaja , menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang remaja, melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang remaja
III. Indikator
1. Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kata tanya yang disediakan
2. Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan
3. Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif yang diprogramkan
4. Bertanya jawab secara berpasangan dalam hiwar yang di contohkan.
5. Menjawab beberapa pertanyaan yang disediakan
6. Mendeskripsikan gambar yang disediakan dengan menggunakan struktur kalimat yang di programkan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat membuat pertanyaan – pertanyaan berbahasa arab.
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu membuat dan melakukan percakapan-percakapan
3. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mendeskripsikan gambar yang disediakan
V. Materi Ajar
Materi percakapan tentang اَمَالنا فِىْ المَسْتَقْبَل
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegatan awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru melafalkan teks percakapan di depan kelas Ø Guru membimbing Siswa untuk mengikuti setiap kata dan kalimat yang di ucapkan oleh guru Ø Guru memberi tugas kepada siswa untuk menghafal bahan percakapan Ø Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempraktekan percakapan di depan kelas 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa memperhatikan guru dalam melafalkan teks percakapan Ø Siswa mengikuti guru dalam melafalkan teks percakapan Ø Siswa menghafal tugas percakapan dari guru Ø Siswa maju ke depan kelas untuk mempratekan percakapan | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan hiwar dan memberikan tugas latihan-latihan di rumah. | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Psikomotorik
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang remaja , Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat tentang remaja , Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang remaja
III. Indikator
1. Membaca nash qiro’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2. Menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qiro’ah
3. Menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat yang disediakan dari segi makna
4. Membetulkan pernyatan-pernyataan yang salah dari segi makna
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat membaca bahan qiro’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qiro’ah
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa dapat menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat yang disediakan dari segi makna
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu membetulkan pernyatan-pernyataan yang salah dari segi makna
V. Materi Ajar
Materi Qiro’ah tentang مَرْحَلَة المُرَاهَقة
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab dan diskusi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegiatan Awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru membaca bahan qiro’ah dan diikuti oleh murid Ø Guru memberikan tugas kepad murid untuk membaca bahan qiro’ah secara bergantian. Ø Guru menjelaskan secara umum isi dari bahan qiro’qh Ø Guru memberi tugas kepada murid untuk menterjemahkan mufradat – mufradat baru yang terdapat dalam bahan qiro’ah 2. Kegiatan Guru Ø Siswa membaca bahan qiro’ah Ø Siswa mencari terjemah dari mufradat-mufradat Bahasa Arab yang ada dalam qiro’ah. Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru Ø Siswa menterjemahkan sebagian bahan qiro’ah | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan Qiro’ah dan memberikan tugas-tugas latihan di rumah | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 4
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang remaja, mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang remaja
III. Indikator
1. Menyusun kata/ungkapan acakmenjadi kalimat
2. Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph
3. Menjawab beberapa pertanyaan untukmenyusun paragraph dengan struktur kalimat yang diprogramkan
4. Menyesuaikan paragraph yang disediakan dengan beberapa dhamir yang diprogramkan
5. Melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat menyusun kata/ungkapan acakmenjadi kalimat
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menjawab beberapa pertanyaan untukmenyusun paragraph dengan struktur kalimat yang diprogramkan
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menyesuaikan paragraph yang
5. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang tepat
V. Materi Ajar
Materi menulis tentang
مَرْحَلَة المُرَاهَقة
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegatan awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi tentang struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Guru menjelaskan struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan latihan kitabah untuk menerapkan struktur kalimat yang sudah dipelajari 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa berdiskusi tentang struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Siswa mengerjakan latihan kitabah untuk menerapkan struktur kalimat yang sudah dipelajari | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan kitabah dan memberikan tugas latihan-latihan di rumah. | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 5
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang remaja, menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang remaja
III. Indikator
1. Mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
- Mengidentifikasikan bunyi ungkapan yang dipedengarkan
- Mengidentifikasikan kalimat yang dipedengarkan
- Memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
- Memilih ungkapan sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
- Memilih jawaban yang disediakan sesuaidengan pertanyaan yang dipedengarkan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
2. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu mengidentifikasikan kalimat yang dipedengarkan
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
5. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
6. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
V. Materi Ajar
Materi menyimak tentang حَيَاة مِنْظّمَة
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah,
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegiatan Awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B.. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru membaca materi menyimak perkata, dan kalimat kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan Ø Guru menterjemahkan materi menyimak perkata dan kalimat kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan an memperhatikan Ø Guru mendikte materi menyimak kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan dan menulis Ø Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan latihan menyimak 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa menyimak bacaan guru Ø Siswa mendengar dan memperhatikan makna bahasa arab perkata dan kalimat yang disampaikan guru dan menghafalkannya Ø Siswa mendengarkan dan menulis bahan yang dibacakan oleh guru Ø Siswa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan istima’ dan memberikan tugas-tugas latihan di rumah | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
3. Penilaian Psikomotorik
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 6
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja dengan lafal yang tepat tentang remaja, menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang remaja, melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang remaja
III. Indikator
- Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kata tanya yang disediakan
- Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan
3. Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif yang diprogramkan
4. Bertanya jawab secara berpasangan dalam hiwar yang di contohkan.
5. Menjawab beberapa pertanyaan yang disediakan
6. Mendeskripsikan gambar yang disediakan dengan menggunakan struktur kalimat yang di programkan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat membuat pertanyaan – pertanyaan berbahasa arab.
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu membuat dan melakukan percakapan-percakapan
3. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mendeskripsikan gambar yang disediakan
V. Materi Ajar
Materi percakapan tentang حَيَاة مِنْظّمَة
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegatan awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru melafalkan teks percakapan di depan kelas Ø Guru membimbing Siswa untuk mengikuti setiap kata dan kalimat yang di ucapkan oleh guru Ø Guru memberi tugas kepada siswa untuk menghafal bahan percakapan Ø Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempraktekan percakapan di depan kelas 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa memperhatikan guru dalam melafalkan teks percakapan Ø Siswa mengikuti guru dalam melafalkan teks percakapan Ø Siswa menghafal tugas percakapan dari guru Ø Siswa maju ke depan kelas untuk mempratekan percakapan | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan hiwar dan memberikan tugas latihan-latihan di rumah. | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Psikomotorik
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 7
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang remaja , Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat tentang remaja , Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang remaja
III. Indikator
1. Membaca nash qiro’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2. Menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qiro’ah
3. Menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat yang disediakan dari segi makna
4. Membetulkan pernyatan-pernyataan yang salah dari segi makna
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat membaca bahan qiro’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qiro’ah
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa dapat menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat yang disediakan dari segi makna
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu membetulkan pernyatan-pernyataan yang salah dari segi makna
V. Materi Ajar
Materi Qiro’ah tentang الحَيَاةُ الصِّحَِّيّة
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab dan diskusi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegiatan Awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru membaca bahan qiro’ah dan diikuti oleh murid Ø Guru memberikan tugas kepad murid untuk membaca bahan qiro’ah secara bergantian. Ø Guru menjelaskan secara umum isi dari bahan qiro’qh Ø Guru memberi tugas kepada murid untuk menterjemahkan mufradat – mufradat baru yang terdapat dalam bahan qiro’ah 2. Kegiatan Guru Ø Siswa membaca bahan qiro’ah Ø Siswa mencari terjemah dari mufradat-mufradat Bahasa Arab yang ada dalam qiro’ah. Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru Ø Siswa menterjemahkan sebagian bahan qiro’ah | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan Qiro’ah dan memberikan tugas-tugas latihan di rumah | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 8
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang remaja, mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang remaja
III. Indikator
1. Menyusun kata/ungkapan acakmenjadi kalimat
2. Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph
3. Menjawab beberapa pertanyaan untukmenyusun paragraph dengan struktur kalimat yang diprogramkan
4. Menyesuaikan paragraph yang disediakan dengan beberapa dhamir yang diprogramkan
5. Melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat menyusun kata/ungkapan acakmenjadi kalimat
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menjawab beberapa pertanyaan untukmenyusun paragraph dengan struktur kalimat yang diprogramkan
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menyesuaikan paragraph yang
5. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang tepat
V. Materi Ajar
Materi menulis tentang
الحَيَاةُ الصِّحَِّيّة
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegatan awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi tentang struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Guru menjelaskan struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan latihan kitabah untuk menerapkan struktur kalimat yang sudah dipelajari 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa berdiskusi tentang struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Siswa mengerjakan latihan kitabah untuk menerapkan struktur kalimat yang sudah dipelajari | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan kitabah dan memberikan tugas latihan-latihan di rumah. | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 9
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang kesehatan, menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang kesehatan
III. Indikator
1. Mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
- Mengidentifikasikan bunyi ungkapan yang dipedengarkan
- Mengidentifikasikan kalimat yang dipedengarkan
- Memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
- Memilih ungkapan sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
- Memilih jawaban yang disediakan sesuaidengan pertanyaan yang dipedengarkan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
2. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu mengidentifikasikan kalimat yang dipedengarkan
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
5. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
6. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
V. Materi Ajar
Materi menyimak tentang عِنْدَالطَبِيْبِ
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah,
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegiatan Awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B.. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru membaca materi menyimak perkata, dan kalimat kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan Ø Guru menterjemahkan materi menyimak perkata dan kalimat kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan an memperhatikan Ø Guru mendikte materi menyimak kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan dan menulis Ø Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan latihan menyimak 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa menyimak bacaan guru Ø Siswa mendengar dan memperhatikan makna bahasa arab perkata dan kalimat yang disampaikan guru dan menghafalkannya Ø Siswa mendengarkan dan menulis bahan yang dibacakan oleh guru Ø Siswa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan istima’ dan memberikan tugas-tugas latihan di rumah | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
3. Penilaian Psikomotorik
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 10
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang kesehatan, menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang kesehatan, melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang kesehatan
III. Indikator
1. Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kata tanya yang disediakan
2. Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan
3. Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif yang diprogramkan
4. Bertanya jawab secara berpasangan dalam hiwar yang di contohkan.
5. Menjawab beberapa pertanyaan yang disediakan
6. Mendeskripsikan gambar yang disediakan dengan menggunakan struktur kalimat yang di programkan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat membuat pertanyaan – pertanyaan berbahasa arab.
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu membuat dan melakukan percakapan-percakapan
3. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mendeskripsikan gambar yang disediakan
V. Materi Ajar
Materi percakapan tentang عِنْدَالطَبِيْبِ
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegatan awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru melafalkan teks percakapan di depan kelas Ø Guru membimbing Siswa untuk mengikuti setiap kata dan kalimat yang di ucapkan oleh guru Ø Guru memberi tugas kepada siswa untuk menghafal bahan percakapan Ø Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempraktekan percakapan di depan kelas 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa memperhatikan guru dalam melafalkan teks percakapan Ø Siswa mengikuti guru dalam melafalkan teks percakapan Ø Siswa menghafal tugas percakapan dari guru Ø Siswa maju ke depan kelas untuk mempratekan percakapan | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan hiwar dan memberikan tugas latihan-latihan di rumah. | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Psikomotorik
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 11
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang kesehatan, Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat tentang kesehatan, Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang kesehatan
III. Indikator
1. Membaca nash qiro’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2. Menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qiro’ah
3. Menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat yang disediakan dari segi makna
4. Membetulkan pernyatan-pernyataan yang salah dari segi makna
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat membaca bahan qiro’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qiro’ah
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa dapat menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat yang disediakan dari segi makna
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu membetulkan pernyatan-pernyataan yang salah dari segi makna
V. Materi Ajaran
Materi Qiro’ah tentang عِنْدَالطَبِيْبِ
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab dan diskusi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegiatan Awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru membaca bahan qiro’ah dan diikuti oleh murid Ø Guru memberikan tugas kepad murid untuk membaca bahan qiro’ah secara bergantian. Ø Guru menjelaskan secara umum isi dari bahan qiro’qh Ø Guru memberi tugas kepada murid untuk menterjemahkan mufradat – mufradat baru yang terdapat dalam bahan qiro’ah 2. Kegiatan Guru Ø Siswa membaca bahan qiro’ah Ø Siswa mencari terjemah dari mufradat-mufradat Bahasa Arab yang ada dalam qiro’ah. Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru Ø Siswa menterjemahkan sebagian bahan qiro’ah | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan Qiro’ah dan memberikan tugas-tugas latihan di rumah | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 12
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang kesehatan, Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang kesehatan
III. Indikator
- Menyusun kata/ungkapan acakmenjadi kalimat
- Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph
- Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph
- Menjawab beberapa pertanyaan untukmenyusun paragraph dengan struktur kalimat yang diprogramkan
- Menyesuaikan paragraph yang disediakan dengan beberapa dhamir yang diprogramkan
6. Melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat menyusun kata/ungkapan acakmenjadi kalimat
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menjawab beberapa pertanyaan untukmenyusun paragraph dengan struktur kalimat yang diprogramkan
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menyesuaikan paragraph yang
5. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang tepat
V. Materi Ajar
Materi menulis tentang
عِنْدَالطَبِيْبِ
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegatan awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi tentang struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Guru menjelaskan struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan latihan kitabah untuk menerapkan struktur kalimat yang sudah dipelajari 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa berdiskusi tentang struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Siswa mengerjakan latihan kitabah untuk menerapkan struktur kalimat yang sudah dipelajari | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan kitabah dan memberikan tugas latihan-latihan di rumah. | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 13
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang kesehatan, menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang kesehatan
III. Indikator
1. Mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
2. Mengidentifikasikan bunyi ungkapan yang dipedengarkan
- Mengidentifikasikan kalimat yang dipedengarkan
- Memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
- Memilih ungkapan sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
- Memilih jawaban yang disediakan sesuaidengan pertanyaan yang dipedengarkan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
2. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mengidentifikasikan bunyi kata-kata yang diperdengarkan
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu mengidentifikasikan kalimat yang dipedengarkan
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
5. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
6. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang dipedengarkan
V. Materi Ajar
Materi menyimak tentang النَظَّافَةُ فِى الاِسْلاَمِ
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah,
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegiatan Awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B.. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru membaca materi menyimak perkata, dan kalimat kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan Ø Guru menterjemahkan materi menyimak perkata dan kalimat kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan an memperhatikan Ø Guru mendikte materi menyimak kemudian menyuruh siswa untuk mendengarkan dan menulis Ø Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan latihan menyimak 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa menyimak bacaan guru Ø Siswa mendengar dan memperhatikan makna bahasa arab perkata dan kalimat yang disampaikan guru dan menghafalkannya Ø Siswa mendengarkan dan menulis bahan yang dibacakan oleh guru Ø Siswa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan istima’ dan memberikan tugas-tugas latihan di rumah | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
7. Penilaian Kognitif
8. Penilaian Afektif
9. Penilaian Psikomotorik
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 14
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang kesehatan, menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang kesehatan, melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang kesehatan
III. Indikator
- Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kata tanya yang disediakan
- Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan
3. Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif yang diprogramkan
4. Bertanya jawab secara berpasangan dalam hiwar yang di contohkan.
5. Menjawab beberapa pertanyaan yang disediakan
6. Mendeskripsikan gambar yang disediakan dengan menggunakan struktur kalimat yang di programkan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat membuat pertanyaan – pertanyaan berbahasa arab.
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu membuat dan melakukan percakapan-percakapan
3. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat mendeskripsikan gambar yang disediakan
V. Materi Ajar
Materi percakapan tentang النَظَّافَةُ فِى الاِسْلاَمِ
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegatan awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru melafalkan teks percakapan di depan kelas Ø Guru membimbing Siswa untuk mengikuti setiap kata dan kalimat yang di ucapkan oleh guru Ø Guru memberi tugas kepada siswa untuk menghafal bahan percakapan Ø Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempraktekan percakapan di depan kelas 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa memperhatikan guru dalam melafalkan teks percakapan Ø Siswa mengikuti guru dalam melafalkan teks percakapan Ø Siswa menghafal tugas percakapan dari guru Ø Siswa maju ke depan kelas untuk mempratekan percakapan | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan hiwar dan memberikan tugas latihan-latihan di rumah. | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Psikomotorik
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 15
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang kesehatan, Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat tentang remaja dan kesehatan, Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang kesehatan
III. Indikator
1. Membaca nash qiro’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2. Menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qiro’ah
3. Menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat yang disediakan dari segi makna
4. Membetulkan pernyatan-pernyataan yang salah dari segi makna
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat membaca bahan qiro’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qiro’ah
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa dapat menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat yang disediakan dari segi makna
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu membetulkan pernyatan-pernyataan yang salah dari segi makna
V. Materi Ajar
Materi Qiro’ah tentang صِحَة الجِسْمِ فِى الاِسْلاَمِ
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab dan diskusi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegiatan Awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru membaca bahan qiro’ah dan diikuti oleh murid Ø Guru memberikan tugas kepad murid untuk membaca bahan qiro’ah secara bergantian. Ø Guru menjelaskan secara umum isi dari bahan qiro’qh Ø Guru memberi tugas kepada murid untuk menterjemahkan mufradat – mufradat baru yang terdapat dalam bahan qiro’ah 2. Kegiatan Guru Ø Siswa membaca bahan qiro’ah Ø Siswa mencari terjemah dari mufradat-mufradat Bahasa Arab yang ada dalam qiro’ah. Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru Ø Siswa menterjemahkan sebagian bahan qiro’ah | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan Qiro’ah dan memberikan tugas-tugas latihan di rumah | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : Ganjil
Kelas : XI. IPA/IPS
Pertemuan Ke : 16
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran ( 3 x 45 Menit)
I. Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
II. Kompetensi Dasar :
Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang kesehatan, Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang kesehatan
III. Indikator
- Menyusun kata/ungkapan acakmenjadi kalimat
- Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph
- Menjawab beberapa pertanyaan untukmenyusun paragraph dengan struktur kalimat yang diprogramkan
- Menyesuaikan paragraph yang disediakan dengan beberapa dhamir yang diprogramkan
5. Melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa dapat menyusun kata/ungkapan acakmenjadi kalimat
2. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph
3. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menjawab beberapa pertanyaan untukmenyusun paragraph dengan struktur kalimat yang diprogramkan
4. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu menyesuaikan paragraph yang
5. Setelah proses pembelajaran berlansung siswa mampu melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang tepat
V. Materi Ajar
Materi menulis tentang
صِحَة الجِسْمِ فِى الاِسْلاَمِ
VI. Metode Pembelajaran :
Membaca maraji’, ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab
VII. Langkah-langkah Pembelajaran :
Langkah –Langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegatan awal Apersepsi dan motivasi | 15 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Guru Ø Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi tentang struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Guru menjelaskan struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan latihan kitabah untuk menerapkan struktur kalimat yang sudah dipelajari 2. Kegiatan Siswa Ø Siswa berdiskusi tentang struktur kalimat yang menjadi pola kalimat dalam materi kitabah Ø Siswa mengerjakan latihan kitabah untuk menerapkan struktur kalimat yang sudah dipelajari | 100 Menit |
C. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan tentang bahan kitabah dan memberikan tugas latihan-latihan di rumah. | 20 Menit |
VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah, Penerbit Toha Putra
2. Buku Terampil Bahasa Arab, Penerbit Tiga Serangkai
3. LKS Al-Hikmah, penerbit Akik Pusaka
4. White board, Spidol, Multi Media.
IX. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Mengetahui Metro, 24 Juli 2010
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. S u k a n d i K a s i m a n, S.Pd.I
NIP. 196104151983041004 NIP. 19750518200511004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar